SILABUS MATEMATIKA X/I SMK / MAK
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS /SEMESTER : X(sepuluh) / 1(satu)
KODE : 1(satu)
ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit
I. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS /SEMESTER : X(sepuluh) / 1(satu)
KODE : 1(satu)
ALOKASI WAKTU : 40 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan riil - KOMPETENSI DASAR
Menerapkan operasi pada bilangan riil- MATERI PEMBELAJARAN
- Sistem bilangan riil
- Operasi pada bilangan bulat
- Operasi pada bilangan pecahan
- Konversi bilangan
- Perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen
- Penerapan bilangan riil dalam menyelesaikan masalah program keahlian
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Membedakan macam-macam bilangan riil
- Menghitung operasi dua atau lebih bilangan bulat sesuai dengan prosedur
- Menghitung operasi dua atau lebih bilangan pecahan sesuai dengan prosedur
- Melakukan konversi pecahan ke bentuk persen, pecahan desimal, atau persen dan sebaliknya
- Menjelaskan perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
- Menghitung perbandingan (senilai, dan berbalik nilai), skala dan persen
- Menyelesaikan
- INDIKATOR
- Dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
- Dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur
- Bilangan pecahan dikonversi ke bentuk persen, atau pecahan desimal, sesuai prosedur
- Konsep perbandingan (senilai dan berbalik nilai), skala, dan persen digunakan dalam pe-nyelesaian masalah program keahlian
- PENILAIAN
Kuis , Tes lisan , Tes tertulis , Pengamatan , Penugasan - SUMBER BELAJAR
Modul Bilangan Riil , Referensi lain yang relevan
- MATERI PEMBELAJARAN
II. SILABUS MATEMATIKA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH: SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER: X(sepuluh) / 2(dua)
KODE : 4(empat)
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit
NAMA SEKOLAH: SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER: X(sepuluh) / 2(dua)
KODE : 4(empat)
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks - KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan macam-macam matriks
Menyelesaikan operasi matriks - MATERI PEMBELAJARAN
Macam-macam matriks
Operasi matriks- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Menjelaskan pengertian matriks, notasi matriks, baris, kolom, elemen dan ordo matriks
- Membedakan jenis-jenis matriks
- Menjelaskan kesamaan matriks
- Menjelaskan transpose matriks
- Menjelaskan operasi matriks antara lain :
penjumlahan dan pengurangan - Menjelaskan operasi matriks antara lain :
perkalian skalar dengan matriks
perkalian matriks dengan matriks - Menyelesaikan penjumlahan, pengurangan, dan/atau perkalian matriks
- Menyelesaikan kesamaan matriks menggunakan penjumlahan, pengurangan, dan perkalian matriks
- INDIKATOR
- Matriks ditentukan unsur dan notasinya
- Matriks dibedakan menurut jenis dan relasinya
- Dua matriks atau lebih ditentukan hasil penjumlahan atau pengurangannya
- Dua matriks atau lebih ditentukan hasil kalinya
- PENILAIAN
Kuis , Tes lisan , Tes tertulis , Pengamatan , Penugasan - SUMBER BELAJAR
Modul Matriks , Referensi lain yang relevan
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar