Banners

Web hosting

Jumat, 14 Oktober 2011

SILABUS DAN RPP IPA Ke-II Kls. XII SMK/MAK


SILABUS DAN RPP IPA Ke-II Kls. XII SMK/MAK
I. PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMK/MK
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(dua)
Mata Pelajaran : IPA 
Tahun Ajaran : 2009- 2010 
  1. SEMESTER II
  2. Standar Kompetensi.
    Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
  3. Materi Pokok/Kompetensi Dasar
      3.1 Mengidentifikasi komponen ekosistem 3.2 Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan 3.3 Mendeskripsikan Amdal
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
II. PENGEMBANGAN SILABUS Satuan Pendidikan : SMK/MK Mata Pelajaran : IPA Standar Kompetensi: Menjelaskan tentang keseimbangan lingkungan Kelas/Semester : XI(duabelas)/2(dua) Tahun Ajaran : 2009 – 2010
  1. Kompetensi Dasar/Materi Pokok
    Menjelaskan saling ketergantungan antara 
  2. Materi Pelajaran
    1. Keseimbangan lingkungan
      Lingkungan: suatu sistem, di dalamnya terdapat siklus untuk keberlangsungan kehidupan. 
      Keseimbangan lingkungan secara alami berlangsung karena komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan sehingga arus energi dan siklus biogeokimia dapat berlangsung. 
    2. Saling ketergantungan
      Contoh ketergantungan secara tidak langsung adalah organisme yang hidup di sungai dipengaruhi oleh hutan, kehidupan di darat dan di air terikat menjadi suatu sistem yang saling tergantung (dependent system).
    3. Dampak Over Eksploitasi Ekosistem
      Apabila suatu ekosistem dimanfaatkan secara berlebihan, dampak yang ditimbulkan antara lain:
      Bahaya erosi, banjir, dan penyusutan keragaman hayati 
      Pencemaran lingkungan 
      Penyusutan sumber daya
      Pemanasan global
      Lubang ozon 
      Hujan asam
III. REKAYASA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK/MK
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(dua)
Materi Pokok : Keseimbangan lingkungan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi 
    Menjelaskan tentang keseimbangan lingkungan.
  2. Kompetensi Dasar 
    1. Menjelaskan saling ketergantungan antara komponen penyusun ekosistem
    2. Menjelaskan dampak over eksploitasi ekosistem
  3. Materi Pembelajaran
    1. Keseimbangan lingkungan
      Lingkungan: suatu sistem, di dalamnya terdapat siklus untuk keberlangsungan kehidupan.
      Keseimbangan lingkungan secara alami berlangsung karena komponen-komponen yang ada terlibat dalam aksi reaksi dan berperan sesuai kondisi keseimbangan sehingga arus energi dan siklus biogeokimia dapat berlangsung. 
    2. Saling ketergantungan
      Contoh ketergantungan secara tidak langsung adalah organisme yang hidup di sungai dipengaruhi oleh hutan, kehidupan di darat dan di air terikat menjadi suatu sistem yang saling tergantung (dependent system).
    3. Dampak Over Eksploitasi Ekosistem
      Apabila suatu ekosistem dimanfaatkan secara berlebihan, dampak yang ditimbulkan antara lain:
      Bahaya erosi, banjir, dan penyusutan keragaman hayati 
      Pencemaran lingkungan 
      Penyusutan sumber daya
      Pemanasan global
      Lubang ozon 
      Hujan asam
  4. Strategi Pembelajaran
    1. Pendahuluan
      Motivasi 
      Pentingnya mempelajari masalah-masalah mengidentifikasi komponen ekosistem. 
      Prasyarat 
      Siswa telah mempelajari materi kelas XI
    2. Kegiatan Inti
      Guru : 
      - Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang ekosistem dan komponen-komponen ekosistem.
      - Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas
      Siswa : 
      - Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik
      - Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi yang diberikan guru.
    3. Penutup
      Membuat rangkuman
      Uji kompetensi dan ulangan harian 
  5. Media Pembelajaran : 
  6. Penilaian 
    1. Jenis tagihan : Kuis
    2. Tindak lanjut :
      - Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
      - Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
      - Memberikan program pengayaan untuk siswa yg tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
  7. Sumber Bacaan 
    - Buku paket IPA kelas XII
    - Buku-buku lain yang relevan 
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar