SILABUS FISIKA Kls. XI SMK / MA
I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / SMK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
KODE KOMPETENSI : 7 (tujuh)
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit
I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / SMK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XI (sebelas) / 1 (satu)
KODE KOMPETENSI : 7 (tujuh)
ALOKASI WAKTU : 20 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep suhu dan kalor - KOMPETENSI DASAR
Menguasai konsep suhu dan kalor
Menguasai pengaruh kalor terhadap zat - MATERI PEMBELAJARAN
Suhu dan kalor
Pengaruh kalor terhadap zat.- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Membedakan konsep suhu dan kalor melalui kegiatan memanaskan benda hingga terjadi perubahan suhu.
- Membaca literatur tentang macam-macam skala termometer dan mengkomunikasikannya lewat diskusi kelompok dan tugas kelompok secara tertulis.
- Melakukan percobaan dengan menggunakan kit hidrostatika dan panas untuk menunjukkan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi.
- Melakukan demonstrasi untuk mengurangi perpindahan kalor misalnya dengan menggunakan selimut dari bahan steroform, dan termos.
- INDIKATOR
- Sifat termometrik bahan diidentifikasi
- Macam-macam skala termometer diidentifikasi
- Peristiwa perpindahan kalor cara konduksi, konveksi, radiasi dibandingkan
- Faktor-faktor yang mempengaruhi pada peristiwa perpindahan kalor diidentifikasi
- Cara mengurangi perpindahan kalor didemontrasikan
- PENILAIAN
Observasi/ pengamatan , Laporan praktikum , Tugas kelompok - SUMBER BELAJAR
Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
Internet , Kit hidrostatika dan panas
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
II. SILABUS FISIKA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XI(sebelas)/2(dua)
KODE KOMPETENSI : 10(sepuiuh)
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
- STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan getaran, gelombang, dan bunyi - KOMPETENSI DASAR
- Menguasai hukum getaran, gelombang, dan bunyi
- Membedakan getaran, gelombang, dan bunyi
- Menghitung getaran, gelombang, dan bunyi
- MATERI PEMBELAJARAN
Getaran, gelombang, dan bunyi
Penerapan getaran, gelombang, dan bunyi- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Melakukan percobaan dengan menggunakan tali dan slinki untuk membedakan gelombang transversal dan longotudinal
- Melakukan percobaan dengan menggunakan kit optik dan tangki riak untuk menunjukkan sifat-sifat gelombang (dapat dipantulkan, dibiaskan, bersuper posisi, dilenturkan, dll)
- Melakukan percobaan dengan menggunakan alat efek Doppler (pemutar, loudspeaker, mikropon, dan osiloskop) untuk merumuskan efek Doppler
- Melakukan percobaan dengan menggunakan bandul sederhana dan sistem pegas untuk memahami pengertian frekuensi dan periode suatu getaran.
- Mencari literatur dan berdiskusi untuk membedakan pengertian getaran, gelombang, dan bunyi
- Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung frekuensi dan periode getaran pegas dengan menggunakan rumus
- Berdiskusi dalam kelompok untuk menghitung frekuensi dan periode ayunan bandul
- INDIKATOR
- Karakteristik gelombang transversal dan longitudinal ditemukan melalui percobaan
- Gejala Interferensi, difraksi, refraksi, refleksi, dispersi, polarisasi gelombang ditunjukkan melalui percobaan
- Perambatan gelombang melalui suatu medium ditunjukkan melalui percobaan
Efek Doppler dirumuskan dari percobaan - Pengertian frekuensi dan periode suatu getaran dideskripsikan melalui percobaan
Arti fisis gelombang sebagai energi dideskripsikan - Frekuensi dan periode getaran pegas dihitung dengan menggunakan rumus frekuensi
- Frekuesi dan periode ayunan bandul sederhana dihitung dengan menggunakan rumus
- PENILAIAN
Observasi/ pengamatan , Laporan prakti kum - SUMBER BELAJAR
- Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
- Kit Optik , Tangki riak , Slingki Tali , Generator frekuensi
- Alat efek Doppler (pemutar, loudspeaker, mikropon, dan osiloskop)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar