Banners

Web hosting

Jumat, 14 Oktober 2011

SILABUS FISIKA Kls. XII SMK / MAK


SILABUS FISIKA Kls. XII SMK / MAK
I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas) / 1 (satu)
KODE KOMPETENSI : 13(tigabelas)
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit

  1. STANDAR KOMPETENSI 
    Menginterpretasikan listrik statis dan dinamis
  2. KOMPETENSI DASAR
    Membedakan konsep listrik statis dan dinamis
    Menjelaskan penerapan listrik statis dan dinamis
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    Listrik statis dan Dinamis
    Penerapan listrik statis dan dinamis

    1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. Melakukan percobaan dengan menggunakan elektroskop untuk menunjukkan jenis dan interaksi muatan listrik statis
      2. Berdiskusi tentang perumusan hukum Coulomb dan mencari pola hubungannya dengan medan magnet
      3. Berdiskusi untuk menghitung besarnya medan listrik dengan menggunakan hukum Gauss dan hukum Coulomb
      4. Berdiskusi untuk menghitung energi potensial listrik dari data gaya/medan listrik dan potensial listrik
      5. Berdiskusi untuk menghitung beda energi potensial listrik antara dua titik dalam medan listrik
      6. Berdiskusi untuk merumuskan pengertian arus listrik dan beda potensial secara kualitatif dan kuantitatif
    2. INDIKATOR

      1. Interaksi elektrostatik dua muatan listrik dibuktikan dengan percobaan
      2. Hukum Coulomb diformulasikan dan dibuktikan dengan percobaan
      3. Dicari pola hubungan antara hukum Coulomb dan medan magnet
      4. Konsep potensial dan energi potensial listrik dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya
      5. Energi potensial listrik dirumuskan dan dianalsis kaitannya dengan gaya/medan listrik dan potensial listrik
      6. Beda energi potensial antara dua titik dalam medan listrik ditentukan
      7. Konsep arus listrik dan beda potensial dideskripsikan dan dirumuskan persamaannya
    3. PENILAIAN
      Observasi/ pengamatan , Laporan prakti kum
    4. SUMBER BELAJAR
      Buku pelajaran , LKS , Internet , elektroskop

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


II. SILABUS FISIKA SEMESTER II
NAMA SEKOLAH : SMK / MAK
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : XII(duabelas) / 2 (dua)
KODE KOMPETENSI : 15(limabelas)
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit

  1. STANDAR KOMPETENSI 
    Menerapkan konsep listrik arus bolak-balik
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menguasai hukum kelistrikan arus bolak-balik
    Menguasai hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    Hukum kelistrikan arus bolak-balik
    Tegangan, impedansi, dan arus

    1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. Membaca literatur tentang alat ukur dan besaran-besaran fisis 
      2. Melakukan observasi tentang karakteristik alat ukur arus bolak-balik
      3. Melakukan pengukuran besaran fisis (arus, tegangan, hambatan) pada rangkaian yang dihubungkan sumber arus listrik bolak balik 
      4. Membaca literatur dan berdiskusi tentang fungsi dan prinsip kerja osiloskop
      5. Melakukan pengukuran tegangan dan arus bolak-balik dengan menggunakan mikroskop
      6. Menghitung nilai efektif dan maksimum dari tegangan dan arus bolak-balik yang terbaca dari grafik pada osiloskop
      7. Membuat rangkaian RLC dan mengobservasi faktor-faktor fisis (tegangan, arus, dan impedansi) yang menjadi variabel pada rangkaian tersebut
      8. Melakukan percobaan untuk menentukan frekuensi reonansi pada rangkaian RLC
    2. INDIKATOR

      1. Karakteristik alat ukur dan besaran (arus, tegangan, hambatan ) pada rangkaian yang dihubungkan sumber arus listrik bolak balik dibandingkan
      2. Aplikasi dari rangkaian listrik bolak-balik dideskripsikan
      3. Nilai amplitude, frequensi dan fase tegangan AC ditunjukkan oleh oscilloscope
      4. Hubungan nilai efektif dengan maksimum besaran sinusioda diuraikan
      5. Besaran FISIKA dalam rangkaian seri dihitung 
      6. RLC ditentukan bila faktor-faktor yang berkaitan dengan rangkaian diketahui
      7. Rangkaian AC yang terdiri dari RLC dianalisis dengan menggunakan diagram fasor
      8. Peristiwa resonansi pada rangkaian RLC diindentifikasi
    3. PENILAIAN
      Observasi/ pengamatan , Tugas kelompok , Laporan praktikum
    4. SUMBER BELAJAR
      Buku pelajaran , LKS , Lingkungan sekolah
      Kit Listrik magnet , Osiloskop , Catu daya , AVO meter

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar